Minggu, 20 Januari 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.      Identitas Mata Pelajaran
a.       Nama Sekolah             : SMA N 1 KOTA MUNGKID
b.      Kelas/ Semester           : X/ I (Gasal)
c.       Mata Pelajaran             : Biologi
d.      Tahun Ajaran               : 2012/2013
e.       Jumlah Pertemuan       :  I (2 X 45 menit)
2.       Standar Kompetensi
1.      Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu.
3.      Kompetensi Dasar
1.1  Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi.
1.2  Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
4.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1        Menemukan benda-benda yang menjadi objek biologi di lingkungan sekitar.
1.2.2        Mengidentifikasi tingkatan organisasi kehidupan dari  objek biologi yang diobservasi.
1.2.3        Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi (interaksi antar objek biologi).
5.      Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan observasi di lapangan sekolah, siswa dapat menemukan objek biologi, mengidentifikasi tingkatan organisasi kehidupan serta menemukan gejala yang menjadi objek biologi dari hasil observasi di lingkungan sekitar.
6.      Materi Pembelajaran
Biologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan kehidupannya dalam dimensi ruang dan waktu. Biologi merupakan bagian dari sains dan memiliki karakteristik yang sama dengan sains lainnya. Sains disebut juga sebagai ilmu pengetahuan alam karena merupakan ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam. Sebagai bagian dari sains, biologi mempelajari gejala alam berupa gejala-gejala pada makhluk hidup dan segala permasalahan kehidupannya. Lebih tepatnya, biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup mulai dari molekul-molekul penyusun makhluk hidup, sel, jaringan, organ, dan tingkatan yang lebih tinggi. Biologi dikatakan sebagai ilmu karena mempunyai objek kajian dan metode ilmiah.
Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980) bahwa ruang lingkup biologi meliputi:

Gambar 2. struktur BSCS
7.      Pendekatan Dan Metode Pembelajaran
·         Model Pembelajaran                : Kontekstual
·         Metode Pembelajaran              : observasi dan diskusi
·         Pendekatan Pembelajaran       : Induktif

8.      Alat Dan Media Pembelajaran
      Lingkungan sekitar sekolah
9.      Langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Karakter
WAKTU

1.
Pendahuluan
1.      Salam, guru menanyakan adakah siswa yang tidak masuk.
Apersepsi:
1.      Taukah kalian mengapa manusia melakukan penelitian?
2.      Memberi tahu siswa kegiatan yang akan dilakukan yaitu “observasi objek dan fenomena biologi di lingkungan sekitar sekolah”
Motivasi
1.      Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pentingnya mengetahui objek biologi dan fenomena yang terjadi di sekitar.
Mekanisme
1.      Membagi siswa menjadi delapan kelompok yang terdiri dari 4 orang setiap kelompok.
2.      Menjelaskan prosedur kegiatan observasi dan apa yang perlu diamati.
3.      Mengajak siswa ke lapangan untuk observasi.
4.      Masing-masing kelompok berada di lokasi yang berbeda.


Religius



Ingin tahu

Jujur dan optimisme

10 menit
2.
Kegiatan Inti
·      Eksplorasi
1.      Apa yang dapat kalian amati di lokasi pengamatan.
2.      Apakah perbedaan antara hewan dan tumbuhan?
·      Elaborasi
1.      Membimbing siswa menemukan objek dan fenomena biologi yang dapat teramati di lapangan.
2.      Membimbing siswa menemukan interaksi yang terjadi diantara objek biologi.
·          Konfirmasi
1.      Memandu siswa masuk ke dalam kelas.
2.      Perwakilan kelompok memaparkan hasil observasi di lapangan.
3.      Membimbing siswa menyimpulkan hasil observasi yang telah dilakukan.


Jujur, toleransi







Jujur, rasa ingin tahu,  dan toleransi
 60 menit
3.
Penutup
1.      Menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan.
2.      Memberikan penugasan berupa “menemukan gejala/fenomena dari hasil observasi dan kemudian membuat kerangka penelitian”


Optimisme, jujur, mandiri
10 menit

10.  Sumber Belajar
Guru           : Campbell, Neil A.,dkk. 2004. Biologi Jilid 1 Edisi Kelima . Jakarta: Erlangga.
Siswa     : Buku Biologi  SMA kelas XI (Erlangga) karangan D.A. Pratiwi.
                Buku Biologi SMA kelas XI (Esis) karangan Diah Aryulina.
11.  Penilaian
a.       Kognitif

Penilaian terhadap hasil penugasan berupa kerangka penelitian hasil observasi.

b.      Afektif
No.
Nama
Aspek Penilaian Sikap
JML SKOR
NILAI
motivasi
keaktifan
kedisiplinan
1.




























dst






Pedoman Penskoran:                     NILAI : (Jumlah skor X 100)
                                                                                       9
Tinggi        : 3
Sedang      : 2
Rendah      : 1



c.       Psikomotor
LEMBAR PENILAIAN OBSERVASI
No.
Nama
Aspek
Skor
Nilai
1
2
3
4



































Aspek Penilaian
Skor Nilai
Rentang Nilai
1.      Cara mengeluarkan pendapat.
2.      Cara berdiskusi
3.      Kerjasama
4.      Cara mengamati
5.      Mengajukan pertanyaan

1= kurang
2=cukup
3=baik
4=sangat baik

17 – 20 = A
13 – 16 = B
9 – 12 = C
5 – 8 = D




                                                                                      Kota Mungkid, 27 Agustus 2012

Menyetujui,     
Guru pembimbing                                                                                 Mahasiswa                                                             



­Mulyadi, S.Pd_________                                                             Fatchiyatul Ummah
NIP.19680214 200501 1 003                                                        NIM. 09304241023



Tidak ada komentar:

Posting Komentar