RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.
Identitas
Mata Pelajaran
a. Nama
Sekolah : SMA N 1 KOTA MUNGKID
b. Kelas/
Semester : X/ I (Gasal)
c. Mata
Pelajaran : Biologi
d. Tahun
Ajaran : 2012/2013
e. Jumlah
Pertemuan : I (2 X 45 menit)
2. Standar Kompetensi
1.
Memahami
hakikat Biologi sebagai ilmu.
3.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi.
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi
pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, ekosistem, dan bioma
4.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.2.1
Menemukan benda-benda yang menjadi objek
biologi di lingkungan sekitar.
1.2.2
Mengidentifikasi tingkatan organisasi
kehidupan dari objek biologi yang
diobservasi.
1.2.3
Menemukan gejala/fenomena yang menjadi
objek biologi (interaksi antar objek biologi).
5.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan observasi
di lapangan sekolah, siswa dapat menemukan objek biologi, mengidentifikasi
tingkatan organisasi kehidupan serta menemukan gejala yang menjadi objek
biologi dari hasil observasi di lingkungan sekitar.
6.
Materi
Pembelajaran
Biologi
merupakan suatu ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan kehidupannya dalam
dimensi ruang dan waktu. Biologi merupakan bagian dari
sains dan memiliki karakteristik yang sama dengan sains lainnya. Sains disebut
juga sebagai ilmu pengetahuan alam karena merupakan ilmu yang mempelajari
gejala-gejala alam. Sebagai bagian dari sains, biologi mempelajari gejala alam
berupa gejala-gejala pada makhluk hidup dan segala permasalahan kehidupannya.
Lebih tepatnya, biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup mulai
dari molekul-molekul penyusun makhluk hidup, sel, jaringan, organ, dan
tingkatan yang lebih tinggi. Biologi dikatakan sebagai ilmu
karena mempunyai objek kajian dan metode ilmiah.
Berdasarkan
struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer
1980) bahwa ruang lingkup biologi meliputi:
Gambar
2. struktur BSCS
7.
Pendekatan
Dan Metode Pembelajaran
·
Model Pembelajaran : Kontekstual
·
Metode Pembelajaran : observasi dan diskusi
·
Pendekatan Pembelajaran : Induktif
8.
Alat
Dan Media Pembelajaran
Lingkungan sekitar sekolah
9.
Langkah
Kegiatan Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Nilai Karakter
|
WAKTU
|
1.
|
Pendahuluan
1. Salam, guru menanyakan adakah siswa yang tidak
masuk.
Apersepsi:
1. Taukah kalian mengapa manusia melakukan
penelitian?
2. Memberi tahu siswa kegiatan yang akan
dilakukan yaitu “observasi objek dan fenomena biologi di lingkungan sekitar
sekolah”
Motivasi
1. Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang
pentingnya mengetahui objek biologi dan fenomena yang terjadi di sekitar.
Mekanisme
1.
Membagi
siswa menjadi delapan kelompok yang terdiri dari 4 orang setiap kelompok.
2. Menjelaskan prosedur kegiatan observasi dan
apa yang perlu diamati.
3. Mengajak siswa ke lapangan untuk observasi.
4. Masing-masing kelompok berada di lokasi yang
berbeda.
|
Religius
Ingin tahu
Jujur dan optimisme
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
1. Apa yang dapat kalian amati di lokasi
pengamatan.
2. Apakah perbedaan antara hewan dan tumbuhan?
·
Elaborasi
1. Membimbing siswa menemukan objek
dan fenomena biologi yang dapat teramati di lapangan.
2.
Membimbing
siswa menemukan interaksi yang terjadi diantara objek biologi.
·
Konfirmasi
1.
Memandu
siswa masuk ke dalam kelas.
2.
Perwakilan
kelompok memaparkan hasil observasi di lapangan.
3.
Membimbing
siswa menyimpulkan hasil observasi yang telah dilakukan.
|
Jujur, toleransi
Jujur, rasa ingin tahu, dan toleransi
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
1. Menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan.
2. Memberikan penugasan berupa “menemukan
gejala/fenomena dari hasil observasi dan kemudian membuat kerangka
penelitian”
|
Optimisme, jujur, mandiri
|
10 menit
|
10. Sumber Belajar
Guru : Campbell, Neil A.,dkk. 2004. Biologi Jilid 1 Edisi Kelima . Jakarta:
Erlangga.
Siswa : Buku Biologi SMA kelas XI (Erlangga) karangan D.A.
Pratiwi.
Buku Biologi SMA kelas XI
(Esis) karangan Diah Aryulina.
11. Penilaian
a. Kognitif
Penilaian terhadap
hasil penugasan berupa kerangka penelitian hasil observasi.
b. Afektif
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian Sikap
|
JML
SKOR
|
NILAI
|
||
motivasi
|
keaktifan
|
kedisiplinan
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran: NILAI : (Jumlah skor X 100)
9
Tinggi : 3
Sedang : 2
Rendah : 1
c. Psikomotor
LEMBAR PENILAIAN OBSERVASI
No.
|
Nama
|
Aspek
|
Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek Penilaian
|
Skor Nilai
|
Rentang Nilai
|
1. Cara
mengeluarkan pendapat.
2. Cara
berdiskusi
3. Kerjasama
4. Cara
mengamati
5. Mengajukan
pertanyaan
|
1= kurang
2=cukup
3=baik
4=sangat baik
|
17 – 20 = A
13 – 16 = B
9 – 12 = C
5 – 8 = D
|
Kota Mungkid, 27 Agustus
2012
Menyetujui,
Guru
pembimbing Mahasiswa
Mulyadi,
S.Pd_________ Fatchiyatul Ummah
NIP.19680214
200501 1 003 NIM. 09304241023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar